Kelompok Tani Amanah

KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Alla SWT,sehingga profil Kelompok Tani AMANAH ini dapat tersusun sedemikian rupa,sehingga potret tentang Kelompok Tani AMANAH dapat dibaca oleh semua pihak.Adapun tujuan dari pembuatan profil ini adalah untuk menyajikan data- data dan lampiran-lampiran kongkrit serta menggambarkan potensi yang dimiliki oleh Kelompok Tani AMANAH.
Pada kesempatan kali ini kami dari segenap anggota dari Kelompok Tani AMANAH Jorong Koto Gadang Nagari Koto Tinggi kecamatan Baso.Besar harapan semoga Bapak/Ibuk Tim Penilai dapat mempertimbangkan profil Kelompok Tani AMANAH ini sebagai Kelompok Tani berprestasi.Dengan tersusunnya Profil Kelompok Tani AMANAH ini kami mengucapkan Terima Kasih yang sebesar-besarnya kepada :
1. Bapak Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Agam khususnya jajaran Subdin Rehabilitasi Lahan dan Konservasi yang telah menujuk Kelompok Tani AMANAH sebagai peserta pemilihan Kelompok Tani berprestasi.
2. Bapak Kepala Cabang Dinas Pertabunhut Kecamatan Baso beserta Staf yang selalu memberi motifasi,dorongan dan ide-ide kepada Kelompok Tani AMANAH.
3. Bapak-Bapak dan Ibuk-Ibuk Penyuluh Pertanian Kecamatan Baso yang telah membina dan memberikan kritikan dan saran sehingga bermanfaat bagi Kelompok Tani kami.
4. Semua Kelompok Tani yang ada di se Kecematan Baso khususnya Nagari Koto Tinggi yang telah mempercayai Kelompok Tani AMANAH sebagai utusan dari Kabupaten Agam.
5. Bapak/Ibuk anggota Kelompok Tani yang memberi motifasi sehingga profil kelompok Tani tersusun dengan baik.
Kami menyadari bahwa penulisan profil ini jauh dari kesempurnaan maka dari itu penulis mohon saran dan kritikan yang bersifat membangun untuk Kelompok Tani kami ini.

Juni 2008
Ketua



(Dj.Dt.Bandaro Manih)



A. LATAR BELAKANG

Jorong Koto Gadang merupakan salah satu jorong di kenagarian Koto Tinggi Kecamatan Baso,dan merupakan salah satu sentra produksi pertanian, perkebunan, peternakan dan kehutanan di Kecamatan Baso, untuk menunjang kegiatan pembangunan pertanian diperlukan kelompok yang tangguh dan bisa mandiri, sebab kelompok tani adalah wadah untuk menampung teknologi yang dianjurkan oleh petugas pertanian
Pengembangan komoditi pertanian pada bidang pertanian, perkebunan, peternakan dan kehutanan diarahkan pada usaha tani yang berwawasan agribisnis, sehingga untuk menunjang peningkatan produksi.Kelompok Tani AMANAH mencoba mengembangkan pertanian organic dimana pupuk kandang dan kompos menjadi salah satu alternative untuk mengurangi biaya produksi dan mengarah kepada pertanian organic.
Hambatan yang selama ini yang dialami oleh para petani adalah tingginya harga sarana produksi seperti pupuk,benih,bibit dan obat-obatan.untuk mengatasi permasalahan tersebut Kelompok Tani AMANAH mencoba membuat terobosan seperti membuat kebun kelompok, and hasil dari kegiatan tersebut dibelikan ke sarana produksi seperti Bahan-bahan untuk pembuatan pupuk Organik.
Sesuai dengan program pemerintah dibidang pertanian dewasa ini mengarah kepada pemberdayaan petani dan kelompok tani serta dipacu dengan program Pengembangan Agribisnis sehingga kelompok tani serta dipacu dengan program Pengembangan Agribisnis sehingga kelompok Tani dapat memproses dan memasarkan sendiri produksi yang dihasilkan dan disesuaikan dengan permintaan pasar.

B. SEJARAH ASAL USUL BERDIRI KELOMPOK
Kelompok tani didirikan pada hari senin pada tanggal 12 February 1992 yang digagas oleh beberapa orang pengurus kelompok tani yang ada di Jorong Koto Gadang, yang dinamakan sebagai Kelompok Induk pada masa waktu itu.Kemudian disosialisasikan kepada masyarakat dan pemuka masyarakat,pada awalnya berdirilah kelompok tani jumlah anggota sebanyak 16 orang. Pada bulan yang ke 2 pada tanggal pada tanggal 24 maret 1992 anggota menjadi 28 orang.Melihat perkembangan yang cukup dan bagus akhirnya anggota kelompok tani berjumlah 32 orang yang waktu itu diberi nama kelompok tani AMANAH.
Dengan berbekal dorongan dan semangat kami mulai melakukan kebun kelompok dengan komoditi sayur Kentang,Tomat.Pada saat itu kami sangat merasakan betapa beratnya mengumpulkan dana untuk usaha kelompok, pada bulan- bulan berikutnya kami mencoba meminta petunjuk kepada Dinas Pertanian yang pada waktu itu berkantor di Lambau Bukittinggi, yang Kepala Dinasnya Bapak SYAHRIL SYAFII..
Tidak lama berselang kelompok kami setelah berdiri.Kelompok diarahkan untuk mengaktifkan Hutan Rakyat Swadaya yang berjumlah 75 Ha.Untuk menunjang terlaksananya kegiatan tersebut setiap pertemuan bulanan kami mencoba menghadirkan poduk fungisida dan insektisida seperti produk PT. SYBA GAYGIA,PT. SYANDOZ dan distributor-distributor lainnya hingga kami setiap kali pertemuan.Dana pengembangan kelompok setidaknya Rp.350.000,00 satu kali pertemuan.
Selanjutnya melihat perkembangan kelompok makin pesat hingga anggota sepakat dalam rapat anggota untuk melaksanakan simpanan pokok Rp.50.000,00 dan simpanan wajib Rp.1000,00 perbulan.
Berkat bantuan kritik dan saran dari dinas pertanian peternakan perkebunan dan kehutanan dan juga tunjangan dana dari produk-produk dan distributor dari bulan ke bulan Kelomok Tani Amanah tetap menampakan kemajuan.
Kalau dilihat dari tahun ke tahun kelompok tani AMANAH sampai tahun 1996 cukup menggembirakan.dilihat dari bidang pertanian seperti sayuran,buah-buahan dan peternakan,perkebunan dan kehutanan sehingga anggota kelompok dan masyarakat sekelilingnya tidak ada lagi yang memburuh keluar daerah.Pada tahun 1996 itu juga kelompok tani AMANAH mendapat Juara III dibidang peternakan.di Tingkat Propinsi,yang waktu itu diselenggarakan di Batagak Kecamatan Banuhampu Sungai Puar.Setahun kemudian pada tahun 1997 juga meraih prestasi Juara II yang diselenggarakan di Kabupaten Sawah Lunto Sijunjung di bidang peternakan tingkat Propinsi.Pada tahun 1997 kelompok tani AMANAH terpilih sebanyak 2 orang dimagangkan ke Balai Pelatihan Kehutanan Wonogiri Solo Jawa Tengah(ALAS KETU).Tentang koserfasi dan penghijauan Swadaya selama 27 hari.Sekembali magang dari Jawa Tengah kelompok tani AMANAH diangkat menjadi KOPTAN AMANAH yang diketuai Armahunaidi Ktk Nenengan.
Dari tahun 1997 sampai 2006 dengan beberapa pertimbangan-pertimbangan dan melihat perkembangan dan kemajuan pada kelompok-kelompok yang ada,Kegiatan kelompok Tani ini aktif di KOPTAN AMANAH. Walaupun ada Koptan AMANAH yang sebetulnya Kelompok Tani AMANAH dalam jangka waktu tersebut tidak aktif dalam kegiatan.
Pada tanggal 16 November 2007 Kelompok Tani AMANAH diaktifkan kembali dengan jumlah anggota 41 orang yang didalamnya tergabung anggota lama dan anggota baru.


C. PERKEMBANGAN KELOMPOK TANI
Dengan aktifnya kelompok Tani AMANAH kembali, telah banyak menampakkan perubahan-perubahan untuk menunjang ekonomi anggota kelompok khususnya dan masyarakat sekitar pada umumnya demi menunjang pembangunan Nagari Koto Tinggi.
Perkembangan Kelompok Tani AMANAH pada saat ini:
1. Pembuatan pupuk Kompos
2. Pembutan ramuan nabati
3. Pembuatan tras tering dan melestarikan hutan swadaya.
4. Mempelajari penyakit-penyakit yang ada pada tanaman dan mencari solusi untuk mengatasinya dengan pertanian organik.
5. Mengikuti Kegiatan Extrakurikuler Lapangan (XL) setiap minggu.
6. Kelompok Tani Amanah bergerak dalam bidang Organik maka terpilih 10 anggota untuk Magang ke IPO Aia Angek
KEGIATAN DAN USAHA PENGEMBANGANNYA
a. Kegiatan
- Pertemuan pengurus dengan anggota
- Musyawarah pengurus
- Rapat Tahunan (RAT) Anggota
b. Usaha Pertanian
- Penanaman Jeruk Madu Seluas 20 Hektar
- Volume 8000 Batang
- Pembutan piringan
- Pembutan pupuk Kompos (pupuk organic) kotoran sapi.
- Pemberian pupuk organic sekali 6 bulan.
- Pemeliharaan
c. Usaha Peternakan
- Memelihara Sapi Ternak Simental
- Pengembangan
- Penanaman Rumput
- pemberian Vaksinasi
- Pembuatan Pupuk kompos dari kotoran Sapi
Untuk Pemupukan jeruk Madu
d. Usaha perkebunan
- Pemeliharaan tanaman Kulit manih
- Merencanakan penanaman Coklat
e. Usaha Kehutanan
- Konservasi
- pembuatan teras galudan,teras bangku dan penanaman kayu –kayuan.
- Penanaman tanaman musiman
f. HUMAS
- Menggiatkan hubungan dengan masyarakat baik keluar maupun kedalam untuk kemajuan kelompok
- Penambahan anggota
- Pengembangan usaha dengan pembinaan teknik dengan instansi yang
Terkait.
- Menelusuri celah-celah yang akan dapt membantu kelompok dengan maupun kredit dari dana APBN, APBD dan BANKpemerinta maupun swasta atau lembaga lainnya.

D. JUMLAH KEKAYAAN KELOMPOK TERMASUK ASET
Kekayaan yang dimiliki Kelompok tani AMANAH saat ini sejumlah Rp.23.301.500,00.
Dalam rangka pengembangan dan memperdayaan kelompok demi tercapainya tujuan akhir Kelompok ada beberapa kegitan yang telah dan sedang dilaksanakan oleh anggota Kelompok Tani AMANAH,adapun kegiatan tersebut sebagai berikut :
1. Simpanan pokok anggota Kelompok Tani
2. Iyuran bulanan kelompok
3. Melaksanakan kebun kelompok
4. Pembuatan pupuk kompos
5. Penyedian ramuan nabati
6. Pemeliharaan ternak
7. Pelaksanaan pola tanam sayuran organik
8. Melestarikan hutan swadaya.
BIODATA KELOMPOK TANI

NAMA KELOMPOK TANI : AMANAH
TANGGA BERDIRI : 12 FEBRUARI 1992
STATUS KELOMPOK : MADYA
JUMLAH ANGGOTA : 41 ORANG
KEPENGURUSAN
KETUA : DJ.DT.BANDARO MANIH
WAKIL KETUA : Z.ST.BANDARO
SEKRETARIS : Z.PAKIAH KAYO
WAKIL SEKRETARIS : Z.PK.MANTIKO
BENDAHARA : N. DT. RAJO PANGULU



SEKSI-SEKSI

PERTANIAN : A.AK RAJO ANGEK
PETERNAKAN : E.KARI INTAN KAYO
PERKEBUNAN : AM KATIK PAYUANG
KEHUTANAN : A.PK.KAYO
PERDAGANGAN DAN KOPERASI : MR.ST RAJO ENDAH
HUMAS : MURIASMAN


KEANGGOTAAN KELOMPOK TANI


No Nama TGLL Pendidikan Tanggungan Keluarga Ket
Istri/suami Anak jumlah
1 Dj.Dt.Bandaro Manih 1 2 3
2 N.Dt.Rajo Pangulu 24-04-1964 SLTP 1 3 4
3 Z.Pakiah Kayo 06-06-1968 SD 1 2 3
4 Ramiulis SD 1 - 1
5 Z.St.Bandaro 18-09-1949 STM 2 8 10
6 A.Ak.Rajo Angek 1941 SD 1 - -
7 E.St.Mudo 28-12-1966 STM 1 3 4
8 Yulefri 1960 SD - - -
9 Z.Pk.Mantiko 27-11-1982 SMP - - -
10 Muriasman 10-12-1973 SE - - -
11 E.Ktk.Intan Kayo 13-07-1970 SD 1 2 3
12 Z.Dt.Bg.Diaceh 12-05-1962 SD 1 3 4
13 S.st Panduko Sati SD 1 1
14 A.Ktk Yang Basa 04-03-1959 SD 1 4 5
15 Kalma Imra 02-06-1982 SMP - - -
16 Zd.St.Bandaro 1953 SD 1 - 1
17 A.Pk.Malenggang 06-06-1968 SD 1 - -
18 Artati 1971 SD 1 3 4
19 Nurlis 09-07-1959 SD 1 3 4
20 A.Pk.Kayo 26-02-1975 SMP 1 2 3
21 K.Mln Yang Basa 1955 SD 1 2 3
22 Lendra 10-10-1984 SD - - -
23 S.St.Rajo Medan 1964 SD 1 5 6
24 S.Dt.Pamuncak ML 1953 SMA 1 1 2
25 M.R.St.Rajo Endah 1971 SMA 1 3 4
26 Erni 1974 SD 1 2 3
27 S.St Panduko Mj SD 1 4 5
28 M.Pk.Rajo 1 3 4
29 A.M.Pk.Bandaro Manih 05-09-1959 D3 1 5 6
30 Y.Dt.Rajo Pangulu STM - - -
31 A.ktk Payuang 05-05-1966 SD - - -
32 H.St.Panduko 27-09-1972 SMA 1 2 3
33 S.St.Mangkudun 1958 SD 1 1 2
34 E.Pk.Rajo Ameh 01-02-1972 SMP 1 4 5
35 Nuraini 16-11-1954 SD 1 2 3
36 Retna Yesni 16-08-1976 1 2 3
37 Reflaiti 1 3 4
38 A.Pk.Panduko Sati 08-08-1977 SMP 1 1 2
39 J.Pk bandaro Diaua SD 1 2 3
40 Warniati SD 1 1 2
41 Netfirza Wati 1 3 4

Koto Gadang, Juni 2008
Ketua


DJ.DT.BANDARO MANIH


KEPEMILIKAN LAHAN

Nama Kepemilikan Lahan Jumlah(Ha)
Kering(Ha) Basah(Ha)
Dj.Dt.Bandaro Manih 1,5 1 2,5
N.Dt.Rajo Pangulu 1,5 0,5 2
Z.Pakiah Kayo 1,5 - 1,5
Ramiulis 0,5 0,5 1
Z.St.Bandaro 0,5 - 0,5
A.Ak.Rajo Angek 1 0,5 1,5
E.St.Mudo 1,5 - 1,5
Yulefri 0,5 - 0,5
Z.Pk.Mantiko 0,5 - 0,5
Muriasman 1 - 1
EKr..Intan Kayo 0,5 - 0,5
Z.Dt.Bg.Diaceh 1 - 1
S.st Panduko Sati 1 - 1
A.Ktk Yang Basa 1 - 1
Kalma Imra 0,5 1 1,5
Zd.St.Bandaro 1 1 2
A.Pk.Malenggang 0,5 - 0,5
Artati 0,5 0,5 1
Nurlis 0,5 - 0,5
A.Pk.Kayo 0,75 0,5 1,25
K.Mln Yang Basa 0,5 - 0,5
Lendra 1 - 1
S.St.Rajo Medan 1 1 2
S.Dt.Pamuncak ML 0,75 1 1,75
M.R.St.Rajo Endah 1 - 1
Erni 0,5 0,5 1
S.St Panduko Mj 1 - 1
M.Pk.Rajo 0,5 0,5 1
A.M.Pk.Bandaro Manih 1 - 1
Y.Dt.Rajo Pangulu 1,25 - 1,25
A.ktk Payuang 0,5 - 0,5
H.St.Panduko 1,5 1 2,5
S.St.Mangkudun 0,25 - 0,25
E.Pk.Rajo Ameh 0,5 0,5 1
Nuraini 1 - 1
Retna Yesni 0,5 - 0,5
Reflaiti 0,5 - 0,5
A.Pk.Panduko Sati 1 0,5 1,5
J.Pk bandaro Diaua 1 0,5 1,5
Warniati 0,5 - 0,5
Netfirza Wati 0,5 - 0,5
JUMLAH 34 Ha 11 Ha 45 Ha


POTENSI KELOMPOK

POTENSI KELOMPOK TANI

Kelompok Tani AMANAH adalah salah satu kelompok tani di Koto Gadang nagari Koto Tinggi Kecamatan baso yang mempunyai potensi yang sangat menguntungkan untuk perkembangkan ekonomi masyarakat dengan bercocok tanam komonity sayuran,palawija,hultikutura peternakan perkebunan dan kehutanan.
Selama ini petensi tersebut belum semuanya tergarap dengan baik dan optimal begitu juga dengan komunity Sayuran palawija yang mengarah pada pola tanam organic Khususnya ramuan nabati dan pupuk organic dengan cara mengolah sendiri yang banyak dijumpai dilingkungan kelompok.
Dari data yang ada Kelompok Tani AMANAH mempunyai lahan Sebanyak 34 Ha lahan kering dan 11 Ha lahan basah.yang digarap terus menerus oleh anggota.baik tanaman sayuran,palawija hultikutura dan lain-lain.


PROGRAM KERJA KELOMPOK

Program kerja kelompok Tani AMANAH disusun berdasarkan hasil musyawarah seluruh anggota Kelompok yang dipandu oleh penyuluh pertanian,ada 3 tahapan program yang disusun oleh Kelompok Tani yaitu program jangka pendek, menengah dan jangka panjang.
1. Jangka Pendek
a. Iyuran anggota kelompok tani
b. Pendirian pondok pertemuan
c. Melaksanakan kebun Kelompok Tani
d. Pembuatan Pupuk kompos
e. Pembuatan ramuan nabati
f. Pemeliharaan ternak sapi.
g. Pembuatan Plank merk dan pembenahan administrasi kelompok
2. Jangka Menengah
a. Pendirian Koperasi Tani
b. Menjalin kemitraan dengan pihak lain dalam pemasarn hasil pertanian khususnya tanaman sayuran organic.
c. Pendirian kios sarana produksi yang mengarah ke organic.
d. Studi didalam atau diluar daerah Sumatra barat dalam bidang Kehutanan.
3. Jangka Panjang
a. Menanami kembali lahan yang sudah gundul.
b. Mengganti pohon yang sudah mati dengan bibit baru
c. Melestarikan tanaman Akasia


PENUTUP

Demikianlah sekilas profil Kelompok tani AMANAH Jorong Koto Gadang nagari Koto Tinggi Kecamatan baso ini kami susun, dengan segala kerendahan hati kami sampaikan bahwa profil ini jauh dari sempurna, karena keterbatasan ilmu dan pengetahuan yang kami miliki.setidaknya kami sudah mencba menghimpun segala pemikiran dan menggabungkan untuk pembuatan profil ini.
Akhirnya marilah kita sama berusaha dan berdoa semoga apa yang telah kita tuangkan dalam profil ini brjalan dan terlaksana sesuai dengan garis yang telah ditetapkan sesuai dengan profil ini.





Koto Gadang, Juni 2008
Pengurus


DJ.DT.BANDARO MANIH

0 komentar:

Kelompok Tani Amanah © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute