Penetapan lahan yang menjadi lokasi kegiatan pertanian organik s


Memberikan pedoman dalam pelaksanaan penetapan lahan yang menjadi lokasi kegiatan pertanian organik sesuai aturan untuk budidaya organik

Ruang Lingkup

Pemilihan lokasi
Konversi lahan

Pemetaan

Acuan
Tentang Sistem Pangan Organik
Penanggung Jawab
Seksi Budidaya

Prosedur Pelaksanaan

Pemilihan lokasi

Lahan memenuhi syarat untuk dilakukan budidaya sayur organik.
Penggunaan lahan usaha tidak bertentangan dengan peraturan serta bukan alih fungsi hutan.
Riwayat penggunaan lahan selama tiga tahun terakhir didokumentasikan dengan jelas dan didokumentasikan dalam Form .... Sejarah lahan
Lahan yang digunakan sebagai lahan pertanian organik adalah lahan yang bebas dari cemaran limbah beracun dan bahan kimia sintetis lainnya dan memiliki sumber air tersendiri serta tidak digunakan untuk kebutuhan lain selain untuk areal pertanian organik.
Jika lahan yang digunakan untuk budidaya organik berasal dari lahan konvensional maka dilakukan konversi.
Lahan organik yang berbatasan langsung dengan lahan konvensional atau lahan konversi diberi barier berupa tanaman hidup dan parit untuk menjaga integritas organik.
Kontaminasi yang mungkin terjadi dari luar seperti dari jalan yang dilalui kendaraan dihindari dengan melakukan penanaman tanaman.
Pemilik lahan yang dijadikan sebagai lahan organik menyetujui dan berkomitmen untuk tetap melakukan budidaya organik dan tidak mengubah bolak-balik ke lahan konvensional dengan membuat pernyataan (Form ....Surat Pernyataan)

Konversi lahan

Lahan yang berasal dari lahan konvensional, terlebih dahulu dikonversi selama 2 tahun dengan selalu melakukan budidaya organik secara kontinu terhitung mulai masa konversi dan melakukan percepatan masa konversi dengan menanam tanaman yang berumur pendek secara terus-menerus dan mendokumentasikannya (Form .... Kegiatan Lapangan).

Hasil panen selama masa konversi belum dapat digolongkan sebagai produk organik
Selama masa konversi dan setelah masa konversi selesai, sepanjang areal digunakan untuk produksi sayur organik, maka status lahan tidak diubah antara metode produksi organik menjadi konvensional dan sebaliknya secara bolak balik.
Budidaya yang dilakukan selama masa konversi didokumentasikan dalam Form .... Sejarah lahan

Pemetaan

Peta menggambarkan kondisi lahan secara keseluruhan termasuk barier, sumber air serta lingkungan sekitarnya
Peta ini berfungsi untuk memudahkan penilaian dalam proses sertifikasi pertanian organik
Peta dibuat pada kertas yang menggambarkan batas-batas antara lahan-lahan konvensional, lahan konversi dan lahan organik serta kondisi di sekitar areal pertanian organik.
Peta dilengkapi dengan keterangan blok atau pengelola lahan organik.

Dokumentasi

Sejarah Lahan
Surat Pernyataan
Kegiatan Lapangan

0 komentar:

Kelompok Tani Amanah © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute